Skema Rangkaian Catu Daya Simetris

Skema Rangkaian Catu Daya Simetris

Skema Rangkaian Catu Daya Simetris - Catu Daya simetris atau sering juga disebut catu daya keluaran ganda atau penyearah keluaran ganda. Rangkaian power supply simetris ini memang tidak tentukan secara detil untuk nilai output dari transfomer yang digunakan, hal ini dimaksudkan untuk pengguanaan yang lebih flexisbel. Skema rangkaian power supply simetris ini sangat sederhana dan tidak perlu menggunakan PCB untuk merangkaiannya.


Catu Daya simetris atau sering juga disebut catu daya keluaran ganda atau penyearah keluaran ganda. Rangkaian power supply simetris ini memang tidak tentukan secara detil untuk nilai output dari transfomer yang digunakan, hal ini dimaksudkan untuk pengguanaan yang lebih flexisbel. Skema Rangkaian Catu Daya Simetris ini sangat sederhana dan tidak perlu menggunakan PCB untuk merangkaiannya.

Komponen Catu Daya Simetris
  • Transformator 5A-10A CT 
  • D1 = Dioda Kuprox 5A – 35A 
  • C1, C2 = Elco 4700uF / 50V 
Tegangan output transformer untuk power supply simetris ini dapat ditentukan berdasar kebutuhan perangkat yang disupply. Untuk menghindari terjadinya interferensi pemancar radio pada tiap dioda dalam dioda bridge dapat ditambahkan kapasitor non-polar 100nF keramik yang dipasang diluar dioda kuprox. Nilai transformer pada rangkaian power supply simetris ini dapat diubah sesuai kebutuhan dari perangkat atau rangkaian yang disupply dengan Catu Daya Simetris ini.

Source : skemarangkaianpcb.com



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Dewi Kazumi, Published at 11:18 AM and have