Skema Rangkaian Echo Repeater PT2399

Skema Rangkaian Echo Repeater PT2399

Rangkaian Echo Repeater PT2399 merupakan rangkaian pembangkit gema pada sistem audio. Rangkaian ini pada umumnya dipasang pada sistem pengolah sinyal audio dari microphone untuk membangkitkan efect gema dari sinyal audio microphone. Rangkaian Echo Repeater PT2399 dipasang setelah pengatur nada pada bagian mixer sinyal audio microphone. 

Rangkaian ini menggunakan IC PT2399 sebagai komponen utamanya, IC PT2399 merupakan IC yang didesain khusus oleh Princeton Technology Corporation sebagai echo prosesor. IC PT2399 merupakan prosessor echo digital yang mampu memberikan effect gema yang real. IC PT2399 menggunakan microcontroller sebagai pembangkit dan pengontrol gema dari sistem delay dan banyaknya pengulangan (repeat) gema tersebut. Untuk membuat Rangkaian Echo Repeater PT2399 dapat dilihat skema rangkaian dan komponen yang digunakan pada gambar berikut. 


Rangkaian Echo Repeater PT2399 ini dapat dioperasikan menggunakan sumber tegangan DC + 5 volt dari sebuah power supply. Dalam pemasangannya diberikan input dari output tone contrl microphone atau dari pre-amplifier microphone, kemudian output dari Rangkaian Echo Repeater PT2399 ini diberikan ke penguat audio atau amplifier. 

Pada Rangkaian ini terdapat 2 kontrol pembangkit effect gema yaitu “delay” dan “repeat”. Kontrol delay pada Rangkaian Echo Repeater PT2399 ini berfungsi untuk mengatur jarak pengulangan sinyal audio yang dibangkitkan. Sedangkan kontrol repeat pada Rangkaian Echo Repeater PT2399 ini berfungsi untuk mengatur banyaknya pengulangan sinyal audio yang dibangkitkan. 

Kontrol delay pada Rangkaian Echo Repeater PT2399 ini dapat diatur menggunakan potensiometer 20 KOhm yang terhubung pada pin 6 IC PT2399. Sedangakan kontrol repeat pada V ini dpaat diatur menggunakan potensiometer 50 KOhm pada pin 16 dan 14 IC PT2399.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 12:12 PM and have