Skema Rangkaian Pengendali Motor DC

Skema Rangkaian Pengendali Motor DC

Rangkaian Pengendali motor DC ini memanfaatkan perubahan frekuensi sebagai penentu kecepatan. Kecepatan rendah akan diperoleh apabila pulsa memiliki nilai frekuensi yang rendah pula, sedangkan kecepatan tinggi juga akan diperoleh apabila pulsa yang dihasilkan berfrekuensi tinggi. Sebagaai pembangkit pulsa digunakan rangkaian astable multivibrator IC 555. 

Pada gambar skema rangkaian di bawah, motor dc yang dikendalikan adalah 12 volt, namun anda juga bisa menggunakan motor dc dengan tegangan yang berbeda dengan menyesuaikan tegangan supply pada rangkaian tersebut. Sedangkan untuk tegangan supply rangkaian pembangkit frekuensi (multivibrator IC 555) tetap anda gunakan 12 volt.


Frekuensi yang dihasilkan rangkaian ini tergantung dari nilai R1, R2, C1 dan potensiometer. Semakin besar nilai dari keempat komponen tersebut maka frekuensi yang dihasilkan akan semakin kecil dan begitu juga sebaliknya. Dengan nilai komponen seperti yang tertera pada rangkaian pengendali di atas maka frekuensi yang dihasilkan berkisar antara puluhan kisaran hertz sampai dengan puluhan Kilo Hertz. Jika kecepatannya belum sesuai dengan kebutuhan, anda dapat mengubah nilai dari keempat komponen penentu frekuensi seperti yang tertera di atas.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Dewi Kazumi, Published at 9:29 AM and have