Rangkaian Power Amplifier OTL 100Watt

Rangkaian Power Amplifier OTL 100Watt

Rangkaian power amplifier jenis OTL (Output Transformer Less) ini punya daya output 100 watt RMS untuk beban 8 ohm. Disebut sebgai power amplifier OTL karena sistem output rangkaian power amplifier ini tidak menggunakan coupling transformer ke beban dan tidak dihubungkan langsung ke beban melainkan menggunakan coupling kapasitor untuk menghubungkan terminal output rangkaian power amplifier dengan beban loud speaker.


Yang membuat rangkaian power amplifier ini disebut sebagai power amplifier OTL adalah dipasangnya coupling kapasitor pada terminal outputnya. Coupling output rangkaian power amplifier ini menggunakan kapasitor elektrolit C8 2200/50v untuk menghubungkan terminal output dengan beban loud speaker. Untuk membuat rangkaian power amplifier 100 watt OTL rakitan dapat dilihat gambar rangkaian dan komponen yang digunakan seperti pada gambar diatas. 

Rangkaian power amplifier ini dibangun menggunakan beberapa transistor dengan sistem output adalah rangkaian push-pull transistor power MJ15003 dan MJ15004 sebagai power amplifiernya. Rangkaian power amplifier OTL 100 watt pada gambar diatas merupakan power amplifier kelas AB yang dioperasikan dengan sumber tegangan DC tunggal + 90 volt DC. 

Daya output yang dapat dihasilkan oleh rangkaian power amplifier ini adalah 100 watt RMS dengan beban berupa loud speaker 8 ohm. Transistor power pada rangkaian power amplifier OTL 100 watt ini harus dilengkapi dengan heat sink pada saat bekerja yang berfungsi untuk menyerap panas yang dihasilkan transistor power tersebut. Untuk menghindari lonjakan tegangan pada terminal output rangkaian power amplifier OTL 100 watt ini perlu dilengkapi dengan rangkaian tunda (speaker protektor) untuk menghubungkan terminal output dengan loud speaker. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Dewi Kazumi, Published at 12:29 PM and have