Rangkaian Power Supply Menggunakan IC LM7812

Rangkaian Power Supply Menggunakan IC LM7812

Rangkaian power supply dengan regulator tegangan IC LM7812 dapat memberikan output dengan kapasitas arus yang besar apabila ditambahkan rangkaian penguat arus seperti terlihat pada gambar rangkaian power supply 7812 high current dibawah. Power supply pada rangkaian dibawah dapat memberikan output dengan tegangan stabil pada 12 volt DC dan arus maksimal yang dapat dialirkan 35A. 

Rangkian power supply yang baik adalah power supply yag dapat memberikan output tegangan yang stabil walaupun mendapat beban yang berubah, rangkaian power supply pada rangkaian dibawah diharapkan dapat memberikan hasil yang demikian untuk tegangan output yang tetap pada level 12 volt. Rangkaian power supply 7812 high current terdiri dari beberapa bagian seperti terlihat pada gambar rangkaian berikut


Rangkaian power supply diatas merupakan rangkaian power supply dengan tegangan output tetap. Sebagai regulator tegangan tetap digunakan IC regulator LM7812 agar mampu memberikan tegangan output power supply yang tetap pada level tegangan 12 volt DC. 

Rangkaian power supply 7812 high current seperti terlihat pada gambar diatas terdiri dari beberapa bagian yang berfungsi sebagai berikut. Step down tegangan AC 220 volt adalah trasnformer dengan output 24 volt dan arus 25A tanpa CT. 

Dioda bridge berfungsi sebagai komponen penyearah tegangan gelombang penuh (full wave rectifier) dari output transformer. Kapasitor 4700uF berfungsi sebagai filter atau tapis DC pertama dari gelombang hasl penyearah gelombang penuh dioda bridge. Regulator tegangan menggunakan IC LM7812 sebagai regulator tegangan untuk mendapatkan output 12 volt DC. 

Power regulator adalah rangkaian paralel 6 buah transistor TIP2955 yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan mengalirkan arus pada IC regulator tegangan 12 volt IC LM7812. Volt meter sebagai alat ukur tegangan output rangkaian power supply 7812 high current yang berfungsi untuk menampilkan level tegangan output rangkaian power supply 7812 high current. 



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 11:49 AM and have