Skema Rangkaian Crossover Aktif LM833

Skema Rangkaian Crossover Aktif LM833

Skema Rangkaian Crossover Aktif LM833 - Rangkaian Crossover ini  adalah Rangkaian Crossover Aktif yang cocok untuk sistem audio Hi-Fi dengan menggunakan LM833, penguat operasional ganda. Rangkaian crossover terdiri dari dua jenis, aktif dan pasif. Rangkaian crossover pasif menggunakan komponen pasif saja dan rangkain tersebut sangat sederhana, tetapi rangkaian itu membuang sejumlah besar energi dan juga menyebabkan distorsi. 


Crossover aktif adalah pilihan yang lebih baik untuk sistem audio Hi-Fi. Crossover aktif membagi sinyal audio yang masuk kompleks menjadi dua band, frekuensi output rendah dan frekuensi output tinggi. Kedua band tersebut secara terpisah diperkuat oleh dua tahap power amplifier, yang disetel untuk band frekuensi rendah dan yang lain disetel ke masing-masing tahap frekuensi tinggi (bi-amping).

Rangkaian Crossover Aktif ini menggunakan semikonduktor nasional LM833. LM833 adalah penguat operasional ganda (op-amp) khusus yang  dirancang untuk aplikasi audio. Rangkaian ini memerlukan empat op-amp, jadi dua IC LM833 yang digunakan di sini. Rangkaian dapat dibagi menjadi dua bagian, bagian filter high pass dan bagian low pass filter. IC2b membentuk tatanan sirkuit Butterworth pass filter rendah pertama dan output frekuensi rendah tersedia di pin output (PIN1). Output frekuensi tinggi tersedia di pin 7 dari IC1A. Rangkaian dapat diaktifkan menggunakan pasokan ganda +15 / -15 V DC. R dan C dapat diubah untuk mendapatkan frekuensi  crossover yang berbeda.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 1:01 PM and have