Rangkaian Penguat Arus Sederhana

Rangkaian Penguat Arus Sederhana

Rangkaian Penguat Arus Sederhana - Rangkaian penguat arus atau biasa disebut current booster biasanya digunakan atau berfungsi penguat arus pada perangkat rangkaian adaptor dengan power supply yang memiliki daya rendah. Dan rangkaian penguat arus ini tentu saja untuk meningkatkan power dan kemampuannya guna memberikan suplai aliran arus yang lebih besar. 

Biasanya rangkaian penguat arus tersebut menggunakan komponen transistor untuk memperkuat tegangan positif regulator. Dan biasanya rangkaian penguat arus ini bisa anda dapatkan dengan mudah di toko-toko elektronik yang biasanya menjual dengan bebas rangkaian tersebut. Biasanya rangkaian tersebut dijual diatas 200 ribu hingga 300 ribu. Namun jika anda merangkai sendiri, harga yang dikeluakan mungkin hanya seperempatnya saja. Tentu lebih asik jika merangkai sendiri.


Pada skema gambar diatas, rangkaian penguat arus ini menggunakan regulator positif LM 78XX dan juga LM 137 yang dirangkai untuk mendapatkan perkuatan arus tegangan yang diinginkan. Biasanya pada regulator positif ini, hanya mengalirkan arus sebesar 1 Ampere saja. Dan fungsi dari transistor inilah yang bisa membuat nilai dari tegangan arus tersebut meningkat di area regulator tersebut. Besaran dari aliran arus tersebut tentunya bergantung kepada nilai transistor yang digunakan. Makin besar nilai transistor, maka makin besar nilai tegangan arusnya.

Untuk merangkai penguat arus tersebut, anda membutuhkan komponen sebagai berikut :

R1 : 1 R – 2 W
R2 : 10 R – 2 W
C1 : 50 V – 1000 uF
C2 : 35 V – 470 uF
Q1 : TIP 2955
IC1 : 78xx Regulator LM 31

Setelah mendapatkan komponen tersebut, anda bisa memulai merangkainya dengan mengikuti skema gambar di atas. Seperti yang sudah disebutkan diawal, anda bisa menambahkan rangkaian transistor sesuai dengan kebutuhan. Jika anda ingin mengalirkan tegangan yang besar, tentu saja anda harus menggunakan transistor yang memiliki nilai besar juga. Namun jika anda ingin menggunakan tegangan yang kecil, tentu saja kebalikannya. Demikian sedikit informasi mengenai rangkaian penguat arus yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Dewi Kazumi, Published at 4:13 AM and have