Skema Rangkaian Sensor Saklar Suara

Skema Rangkaian Sensor Saklar Suara


Rangkaian ini merupakan rangkaian saklar elektronik yang peka terhadap suara penggunanya. Komponen yang berperan sebagai sensor berupa microphone ( MIC ). Dengan menggunakan rangkaian ini penguna tidak lagi repot-repot menekan tombol saklar saat menyalakan lampu atau peralatan elektronik lainnya. 

Suara dari pengguna merupakan input dari microphone ( MIC ) dan menjadi masukan sinyal input ke IC1A op-amp (LM 358). Ini merupakan rangkaian non-inverting amplifier dengan menghasilkan penguatan 151 atau 43,6 dB. VR (variabel resistor R6) berfungsi untuk mengatur dan menyesuaikan penguatan / sensitivitas dari rangkaian non-inverting amplifier tersebut. 

Suatu pengaturan awal bisa dipakai bila gainnya tetap, Potensiometer dipakai untuk memicu pada tingkat suara yang berlainan supaya memperoleh rata-rata keluaran suaranya. Tegangan DC 12 V merupakan sumber tegangan ke kaki no. 5 pada IC1b op-amp yang kedua, yang berfungsi sebagai sebuah comparator. Tegangan resistif pada pin 6 berkisar sekitar 2V. 

Apabila tegangan pada pin 6 dan pin 7 tinggi. Maka akan menggerakkan transistor Q1 dan akan mengaktifkan relay serta menyalakan LED. Dioda 1n4004 pada di relay berfungsi untuk menghindari tegangan balik yang bisa menyebabkan kerusakan pada transistor.

Catatan
Rangkaian Sensor saklar suara ini berfungsi menutup kontak relay dan selanjutnya akan membukanya kembali (dalam waktu tertentu), untuk menyalakan lampu atau peralatan elektronik lainnya, anda harus mengkombinasikan dengan rangkaian Saklar On-Off Digital atau rangkaian saklar elektronik lainnya.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Dewi Kazumi, Published at 3:31 PM and have