Rangkaian Detektor Logam | Metal Detector

Rangkaian Detektor Logam | Metal Detector

 Ada sahabat Facebook yang telah mencoba rangkaian Detector Logam sederhana yang saya berikan pada postingan sebelumnya yang ternyata Harmonic di radionya katanya kurang begitu kuat. Berbeda dengan Rangkaian yang saya suguhkan kali ini hasilnya yang pasti tidak akan mengecewakan.

Skema rangkkaian Detektor Logam


Loop detektor logam

Rangkaian Detektor Logam ini dibangun dengan 2 Oscillator, keduanya disetel pada frekuensi yang sama. Hasil dari dua osilator ini kemudian dicampur dalam mixer yang hanya menghasilkan perbedaan. Berarti, jika kedua osilator berada pada frekuensi yang sama, tidak ada yang terdengar di speaker. Untuk memulainya anda jaga detektor di udara bebas jauh dari benda logam. Gunakan kontrol tuning untuk mengaturnya. Setelah itu mulailah menempatkan detektor di sekitar benda logam dan Anda akan melihat bahwa "Nol pemukulan" semakin terganggu dan nada audio dari speaker terdengar. Wow, detektor telah menemukan logam!

Sirkuit:Kedua osilator yang dibangun menggunakan MPF102 atau J310 FET. Mixer adalah BF998 ganda MOSFET gate IC audio LM386 sebagai amplifier untuk menguatkan suara.Selamat mencoba!

Source: nina.foxdelta.com/detector.html.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 3:00 PM and have