Skema Rangkaian Alarm Sederhana

Skema Rangkaian Alarm Sederhana

Skema Rangkaian Alarm Sederhana Dengan Timer Ini menggunakan elemen piezoelektrik dari sebuah piezobuzzer sebagai sensor input. Pelat Elemen piezoelektrik ditempatkan secara  tetap di pusat dari sayap pintu dengan menggunakan tape cello. Gunakan sejumlah kecil perekat di tepi antara pelat dan pintu. Perpanjang kabel sekitar 1-1,5 meter dari piezoelektrik ke rangkaian. 

IC NE555 (IC1) dikonfigurasi dalam mode monostable. Ketika mendapat sinyal input, output yang dihasilkan akan meningkat untuk jangka waktu yang ditetapkan oleh VR1, resistor R5 dan kapasitor C3. IC UM66 (IC2) digunakan sebagai generator melodi. Ketika pintu diketuk, pelat piezo menghasilkan input sinyal, yang diperkuat oleh transistor T1.


Sinyal yang diperkuat memicu timer IC NE555 dan output pin 3 akan meningkat untuk mengaktifkan generator melodi. Musik terdengar dari speaker LS1. Setelah periode waktu yang ditetapkan, suara melodi berhenti. Rancang rangkaian ini pada PCB yang umum digunakan dan tempatkan pada box atau casing yang sesuai. Tempatkan elemen piezo di pintu dan tempatkan speaker di ruang tengah dalam rumah dengan menggunakan kabel yang panjang. Rangkaian bekerja pada tegangan 5-12V DC. Waktu bunyi musik dapat disesuaikan melalui VR1 dengan mengubah konstanta waktu RC timer.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Dewi Kazumi, Published at 2:22 PM and have